MENGENALI MURAI BATU KALIMANTAN DAN SUMATERA

Sobat kicau, Apakah murai batu yang anda miliki adalah murai batu kalimantan (borneo) atau murai batu sumatera? Membedakan kedua jenis murai batu tersebut tidaklah mudah, karena butuh pengalaman dan ketelitian. Sekilas murai batu kalimantan dan sumatera terlihat sama, tetapi bahwa keduanya memiliki perbedaan. Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai bagaimana cara membedakan murai batu kalimantan dan sumatera.
Murai batu memiliki peminat yang semakin tahun semakin bertambah, sehingga harganya pun tetap stabil. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara membedakan murai batu kalimantan dan sumatera, ada baiknya anda membaca artikel- artikel tentang murai batu di bawah ini :

Berikut ini adalah perbedaan dari murai batu kalimantan sumatera :
MURAI KALIMANTAN
  1. Saat berkicau/bunyi, murai batu kalimantan biasanya akan mengembangkan, mengembungkan seluruh bulu-bulunya dari bawah leher sampai dengan pangkal ekor.
  2. Murai batu kalimantan memiliki warna coklat yang lebih cerah, yaitu coklat kekuning-kuningan.
  3. Pada saat masih trotol dan panjang ekornya sudah mencapai 3 cm, ekor berwarna putih dan hitam pertumbuhannya hampir sama.

MURAI SUMATERA
  1. Saat berkicau, murai sumatera biasanya hanya mengembangkan bulunya dari mulai perut ke bawah. Bahkan ada murai batu sumatera yang tidak mengembangkan bulunya saat bunyi.
  2. Pada bagian dada sampai dubur (anus), murai batu sumatera memiliki warna yang lebih gelap.
  3. Pada saat masih trotol dan panjang ekornya sudah mencapai 3 cm, ekor berwarna putih dan hitam pertumbuhannya tidak sama. Bulu ekor yang berwarna hitam pertumbuhannnya lebih cepat dari ekor yang putih.

Memang artikel ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, tetapi kami menulis artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi dan para pecinta murai batu yang tidak bisa dianggap ngawur. Namun semua kembali pada anda masing - masing, bahkan bila anda memiliki referensi dan saran yang lebih baik kami dengan senang hati menerimanya masukan dari anda.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar